Berelasi Bersama SoYus Madiun

Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia semester 3 dan 5 pada hari Jumat, 20 September 2019 telah melakukan wawancara dengan pengelola media massa dari SMPK Santo Yusuf (SoYus) Madiun. Kedatangan kami disambut dengan hangat oleh Pak Yoga, salah satu pengelola media mssa di SMPK Santo Yusuf Madiun. Pak Yoga adalah seorang guru yang merangkap sebagai staf pengelola media sosial sekolah khususnya pengelola Instagram. Beliau sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan wawancara kami.

Dari wawancara yang dilakukan itu, banyak sekali pengalaman dan pengetahuan baru yang diperoleh. Kami juga mendapat banyak pengetahuan tentang cara mengelola media massa khususnya media massa sekolah. Ternyata dalam mengelola media massa milik sekolah sangat berbeda dengan mengelola media massa milik pribadi.

Banyak sekali kendala yang dihadapi dalam mengelola media massa milik sekolah mulai dari konten, siswa dan karyawan. Konten yang diunggah pada Instagram masih tergantung pada kegiatan siswa, Setelah mendapatkan bahan atau konten dari kegiatan siswa, kemudian diunggah pada akun Instagram SMPK Santo Yusuf. Hanya Pak Yoga dan Ketua Osis yang mempunyai akses untuk mengunggah. Akan tetapi seluruh siswa dapat berpartisipasi dengan mengirimkan foto atau video kegiatan yang mereka lalukan di sekolah. ”Dengan adanya media social ini sangat membantu dalam mempromosikan sekolah”, ucap Pak Yoga. Tidak hanya akun Instagram yang dimiliki SMPK Santo Yusuf tetapi juga ada Facebook, Youtube dan Web. Tetapi untuk saat ini hanya akun Instagram dan Youtube saja yang masih aktif untuk mengunggah kegiatan-kegiatan siswa.

Melakukan wawancara dengan pengelola media massa SMPK Santo Yusuf menjadi pengalaman berharga bagi kami, karena tidak hanya mendapatkan informasi tetapi juga mendapatkan pengalaman bersosialisasi dengan orang-orang baru dan dapat mengunjungi tempat-tempat baru yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya. (Ganesa Ratna Purnama dan Shyntia Devi)